IMPLIKASI DAN PERSEPSI NASABAH TERHADAP DAYA BELI PRODUK PEMBIAYAAN SYARIAH DI BANK MUAMALAT JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32682/rfgd1w05Kata Kunci:
Implikasi, Pembiayaan Murabahah, Bank SyariahAbstrak
Perkembangan ekonomi syariah terutama di perbankan syariahsaat ini begitu pesat, hal ini terbukti pada minat beli nasabah terhadap produk pembiayaan murabahah di Bank Muamalat KC Jombang yang kian meningkat. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi potensi nasabah terhadap daya tarik pembiayaan murabahah pada Bank Muamalat KC Jombang dengan menggunakan pendekatan Perilaku Konsumen (Consumer Behavior). Melakukan identifikasi kelebihan dan kelemahannya dalam pembiayaan murabahah, serta mencari peluang dan ancaman yang mungkin muncul sebagai dampak atau implikasinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan, memberikan gambaran komprehensif tentang faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang yang terkait dengan implikasi persepsi nasabah terhadap daya beli pembiayaan murabahah di Bank syariah yaitu Bank Muamalat KC Jombang.
Hasil kajian menunjukkan bahwa minat nasabah mengenai pembiayaan murabahah memiliki beberapa daya tarik sehingga menjadi primadona dalam sektor pembiayaan disebabkan oleh beberapa faktor internal dan eksternal. Sedangkan dampak dari persepsi nasabah Bank Muamalat KC Jombang ditinjau dari teori Consumer Behavior terhadap pembiayaan murabahah dapat mempengaruhi minat beli nasabah karena proses akad dan persyaratan yang reliable dan cepat disbanding akad lainnya