IMPLIKASI DAN PERSEPSI NASABAH TERHADAP DAYA BELI PRODUK PEMBIAYAAN SYARIAH DI BANK MUAMALAT JOMBANG

Penulis

  • Bekti Widyaningsih Universitas KH.A. Wahab Hasbullah Penulis
  • Amin Awal Amarudin Universitas KH.A. Wahab Hasbullah Penulis

DOI:

https://doi.org/10.32682/rfgd1w05

Kata Kunci:

Implikasi, Pembiayaan Murabahah, Bank Syariah

Abstrak

Perkembangan ekonomi syariah terutama di perbankan syariahsaat ini begitu pesat, hal ini terbukti pada minat beli nasabah terhadap produk pembiayaan murabahah di Bank Muamalat KC Jombang yang kian meningkat. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi potensi nasabah terhadap daya tarik pembiayaan murabahah pada Bank Muamalat KC Jombang dengan menggunakan pendekatan Perilaku Konsumen (Consumer Behavior). Melakukan identifikasi kelebihan dan kelemahannya dalam  pembiayaan murabahah,  serta  mencari  peluang  dan ancaman  yang  mungkin  muncul  sebagai  dampak  atau implikasinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan, memberikan  gambaran  komprehensif  tentang  faktor-faktor  kekuatan,  kelemahan,  peluang  yang  terkait  dengan implikasi persepsi nasabah terhadap daya beli pembiayaan murabahah di Bank syariah yaitu Bank Muamalat KC Jombang.

Hasil kajian menunjukkan bahwa minat nasabah mengenai pembiayaan murabahah memiliki beberapa daya tarik sehingga menjadi primadona dalam sektor pembiayaan disebabkan oleh beberapa faktor internal dan eksternal. Sedangkan dampak dari persepsi nasabah Bank Muamalat KC Jombang ditinjau dari teori Consumer Behavior terhadap pembiayaan murabahah dapat mempengaruhi minat beli nasabah karena proses akad dan persyaratan yang reliable dan cepat disbanding akad lainnya

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-30

Cara Mengutip

IMPLIKASI DAN PERSEPSI NASABAH TERHADAP DAYA BELI PRODUK PEMBIAYAAN SYARIAH DI BANK MUAMALAT JOMBANG. (2024). JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis Dan Manajemen), 8(1), 53-60. https://doi.org/10.32682/rfgd1w05