TRANSFORMASI DIGITAL E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN INOVASI UMKM (STUDI KASUS UMKM KEDAI PALEKKO BANG YAN JOMBANG)
DOI:
https://doi.org/10.32682/hvnd9m49Kata Kunci:
Transformasi Digital, E-Commerce, Inovasi, UMKMAbstrak
Untuk mendapatkan pendapatan dan kelangsungan hidup, banyak orang di Indonesia berinvestasi dalam usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Bisnis kecil dan menengah (UMKM) menghadapi banyak tantangan, seperti keterbatasan akses ke teknologi, kekurangan tenaga kerja yang kompeten, dan kebutuhan untuk menyesuaikan diri dengan preferensi konsumen yang terus berubah. Transformasi digital, khususnya e-commerce, telah menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing pasar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Diharapkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dapat mengikuti perkembangan transformasi digital untuk meningkatkan inovasi penjualan, efisiensi operasional, akses pasar, dan daya saing. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa transformasi digital sangat penting untuk keberlanjutan UMKM di Jombang dan dapat meningkatkan inovasi penjualan UMKM.

.png)