TRANSFORMASI DIGITAL E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN INOVASI UMKM (STUDI KASUS UMKM KEDAI PALEKKO BANG YAN JOMBANG)

Penulis

  • Tri Sulistiyowati Universitas PGRI Jombang Penulis
  • Juvita kartika Arum Universitas PGRI Jombang Penulis
  • Mochammad Erwin Aji Praswara Universitas PGRI Jombang Penulis

DOI:

https://doi.org/10.32682/hvnd9m49

Kata Kunci:

Transformasi Digital, E-Commerce, Inovasi, UMKM

Abstrak

Untuk mendapatkan pendapatan dan kelangsungan hidup, banyak orang di Indonesia berinvestasi dalam usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).  Bisnis kecil dan menengah (UMKM) menghadapi banyak tantangan, seperti keterbatasan akses ke teknologi, kekurangan tenaga kerja yang kompeten, dan kebutuhan untuk menyesuaikan diri dengan preferensi konsumen yang terus berubah.   Transformasi digital, khususnya e-commerce, telah menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing pasar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Diharapkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dapat mengikuti perkembangan transformasi digital untuk meningkatkan inovasi penjualan, efisiensi operasional, akses pasar, dan daya saing.  Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa transformasi digital sangat penting untuk keberlanjutan UMKM di Jombang dan dapat meningkatkan inovasi penjualan UMKM. 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30

Cara Mengutip

TRANSFORMASI DIGITAL E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN INOVASI UMKM (STUDI KASUS UMKM KEDAI PALEKKO BANG YAN JOMBANG). (2025). JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis Dan Manajemen), 9(1), 38-47. https://doi.org/10.32682/hvnd9m49