ANALISIS MUNCULNYA KELOMPOK MASYARAKAT DESA MANDURO KABUPATEN JOMBANG

Penulis

  • Siti Munawaroh Universitas PGRI Jombang Penulis

DOI:

https://doi.org/10.32682/xtxjaj59

Kata Kunci:

Komunikasi, Masyarakat Manduro, Oreng Manduro

Abstrak

Kabupaten Jombang merupakan daerah di Provinsi Jawa Timur yang dijuluki “Kota Pelajar”. Banyak tempat yang bisa mencari informasi tentang agama di Jombang seperti Pondok Pesantren Darul Ulum, Tebuireng, Denanyar dan Siddiqiah. Kabupaten Jombang memiliki paroki bernama Oreng Manduro. Komunitas Oreng Manduro merupakan komunitas yang sehari-hari menggunakan bahasa Madurai dan bahasa Jawa yang merupakan kajian dengan menggunakan metode penelitian sastra atau penelitian sastra. Penelitian sastra adalah tinjauan komprehensif penelitian tentang topik tertentu, yang tujuannya adalah untuk menunjukkan kepada pembaca pengetahuan yang sudah diketahui dan tidak diketahui tentang topik tersebut, untuk mencari pembenaran untuk penelitian yang dilakukan atau untuk penelitian lebih lanjut ide Manduro adalah sebuah desa. di Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Terbentuknya kota Manduro menurut tradisi setempat berasal dari adanya dua orang pengungsi Madura yang kemudian menetap di daerah perbukitan, kemudian masih perbukitan atau hutan. Kemudian kedua orang tersebut berlipat ganda hingga kawasan tersebut semakin berkembang hingga saat ini Desa Manduro merupakan salah satu desa di Kabupaten Jombang yang masyarakatnya berasal dari Pulau Madura. Berkomunikasi setiap hari dalam bahasa Madura dengan orang Madura lainnya, meskipun tidak ada yang identik dengan makna, kata, nada dan intonasi aslinya, jadi santai seperti orang Madura dengan logat. Untuk menghubungi orang Jombang mereka menggunakan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia ketika ada komunitas asing atau masyarakat perantauan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2025-10-13

Cara Mengutip

ANALISIS MUNCULNYA KELOMPOK MASYARAKAT DESA MANDURO KABUPATEN JOMBANG. (2025). JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis Dan Manajemen), 9(1). https://doi.org/10.32682/xtxjaj59