PENGARUH VIRAL MARKETING DAN FREE SHIPPING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA TIKTOKSHOP DI KABUPATEN KARAWANG TAHUN 2023

Penulis

  • Muhammad Faissal Ghopar Univesitas Singaperbangsa Karawang Penulis
  • Endang Taufiqurahman Univesitas Singaperbangsa Karawang Penulis

DOI:

https://doi.org/10.32682/zve5cm84

Kata Kunci:

Viral Marketing, Free Shipping, keputusan pembelian

Abstrak

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui, menganalisis serta menjelaskan bagaimana gambaran Viral Marketing, Free Shipping dan Keputusan Pembelian serta untuk mengetahui, menganalisis, dan menjelaskan korelasi, pengaruh parsial, pengaruh simultan Viral Marketing dan Free Shipping terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Dengan sampel sebanyak 155 responden  dari populasi yang tidak diketahui yang menggunakan Tiktokshop di Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan Teknik sampling non probability sampling dan manggunakan analisis jalur serta uji hipotesis dengan uji t dan uji f . Dibantu dengan Microsoft Office, Methode Of Successive Interval (MSI), dan SPSS16. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada nya korelasi antara Viral Marketing dan Free Shipping sebesar 0,614. Secara parsial menunjukan bahwa Viral Marketing memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian sebesar thitung (4,142). Dibanding dengan Viral Marketing,  Free Shipping memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian sebesar thitung (9,036). Hasil uji simultan pengaruh Viral Marketing dan Free Shipping terhadap Keputusan Pembelian sebesar 0,604 atau 60,4%. Sedangkan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti yaitu senilai 0,396 atau sekitar 39,6% pada penelitian ini.

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-27

Cara Mengutip

PENGARUH VIRAL MARKETING DAN FREE SHIPPING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA TIKTOKSHOP DI KABUPATEN KARAWANG TAHUN 2023. (2023). JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 21-29. https://doi.org/10.32682/zve5cm84